Minggu, 22 April 2012

Penerapan Web dalam Rumah Makan

Banyak sekali kemajuan teknologi pada saat ini. Dalam kemajuannya terdapat salah satu teknologi yang memanfaatkan internet sebagai jaringannya dan web sebagai interface kepada penggunanya. Banyak sekali kategorinya dalam pemanfaatan web dan internet sebagai objeknya, diantaranya e-bussiness,  e-commerce, e-learning, e-government, e-mail. Diantara sekian banyaknya cabang dari pemanfaatan web dan internet namun saya hanya akan membahas satu saja, dimana yang akan saya bahas adalah penggunaan aplikasi e-bussiness dalam Rumah Makan modern.

Pada jaman dahulu ketika kita menginjakkan kaki ke dalam Rumah Makan, pasti kita akan disajikan menu dan selanjutnya datang pelayan yang akan mengambil pesanan kita, mereka mencatat semua pesanan kita dengan alat tulis dan secarik kertas, setelah mengambil pesanan kita pesanan yang telah dicatat olehnya di kertas tersebut kemudian diberikan kepada koki di dapur, diberikan juga kepada pembuat minum, diberikan juga kepada kasir untuk menghitung jumlah harga dari makanan yang telah dipesan. Mungkin dalam jaman dahulu itu adalah metode yang tepat, namun pada jaman sekarang dimana permintaan akan makanan yang semakin banyak, dan terutama bila Rumah Makan itu sangat ramai, maka cara itu tidaklah efektif lagi.

(Kondisi Rumah Makan Ketika Ramai)

Jaman sekarang banyak Rumah Makan yang memfasilitasi sistem mereka dengan  jaringan internet tanpa kabel (wi-fi) . Dalam penerapannya biasanya mereka menggunakan perangkat keras seperti smartphone menggunakan juga server yang telah difasilitasi oleh wi-fi dan juga menggunakan printer yang telah difasilitasi oleh wi-fi juga tentunya. Setelah semua perangkat tersedia maka dalam operasinya akan lebih memudahkan dan mempersingkat waktu. Ketika pelayan mengambil pesanan mereka hanya tinggal mencatat pesanannya dalam smarttphone itu dengan menggunakan aplikasi pengolah kata, setelah mencatat pesanannya, pesanannya langsung dapat dikirim ke server melewati jaringan wi-fi, dan selanjutnya server akan mengirim ke printer-printer yang berada di dapur, tempat minuman, dan kasir, setelah itu semua pesanan akan tercetak dengan otomatis dengan wi-fi  sebagai perantaranya. Bagaimana? Rumah Makan saat ini sangatlah maju dibandingkan jaman dahulu, Rumah Makan saat ini sudah berani memasukkan teknologi yang cukup maju untuk meningkatkan penjualan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar