Sabtu, 07 April 2012

Ontology

Ontology  merupakan suatu teori tentang makna dari suatu objek, properti dari suatu objek, serta relasi objek tersebut yang mungkin terjadi pada suatu domain pengetahuan. Ontology adalah sebuah spesifikasi dari sebuah konseptual, dengan kata lain Ontology adalah penjelasan dari sebuah konsep dan keterhubungannya dari sebuah ilmu tertentu.                                                         

Ontology memiliki beberapa hubungan dengan Semantic Web, dimana hubungannya sebagai berikut :


      ·         Ontology sebagai katalog dalam Semantic Web


      ·         Schema Matching menggunakan Ontology

Bahasa dan Tool yang digunakan untuk mendefinisikan OWL juga terdiri dari beberapa software dan bahasa, diantaranya :


       ·         Resource Description Framework (RDF)


       ·      DARPA Mark-up Language + Ontology Layer Language (DAML+OIL)
 

       ·        Ontology Web Language


      ·        Protégé


RDF
RDF adalah layer untuk merepresentasikan semantic dari isi halamannya, RDF juga merupakan sebuah model sederhana untuk mendeskripsikan hubungan antara seumber-sumber daya yang merupakan properties dan values (nilai). Model RDF adalah suatu triple yang dinamakan statement, satu sumber daya yang dihubungkan ke sumberdaya yang lain atau satu objek melalui satu arc dari sumberdaya ke tiga, yaitu predikat.

DAML + OIL
DAML adalah usaha untuk menyediakan pemodelan yang lebih kaya daripada RDF. Kemudian digabung dengan Ontology Inference Language (OIL), yang berusaha untuk menyediakan klasifikasi yang lebih baik dengan menggunakan konstruksi dari kecerdasan buatan yang berbasis frame.


OWL
Bahasa OWL diharapakan untuk mempertemukan kebutuhan untuk bahasa ontology di web [8], sehingga perintah perintah dasarnya akan lebih baik dari RDF. OWL juga memiliki beberapa tujugan model desain, yaitu shared ontologies, ontology evolution, ontology inconsistency detection, balance of expressivity dan scalability, ease of use, XML syntax, dan internationalization.


PROTÉGÉ
Protégé adalah sebuah alat bantu yang berbentuk perangkat lunak yang digunakan untuk pengembang system untuk mengembangkan Knowledge-Base System. Aplikasi yang dikembangkan dengan Protégé digunakan dalam pemecahan masalah dan pembuat keputusan dalam sebuah domain. Protégé dikembangkan oleh sebuah organisasi yang bernaung di bawah Standford, yang mengambil spesialisasi di bidang Ontology

Referensi : buset.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15813/semantic-web.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar