Sabtu, 07 April 2012

Semantic Web

Semantic web adalah sebuah visi, idea tau pemikiran dari bagaimana memiliki data pada web yang didefinisikan dan dihubungkan dengan suatu cara dimana dapat digunakan oleh mesin tidak hanya untuk tujuan menampilkan, tetapi untuk otomatisasi, integrasi dan penggunaan kembali data diantara berbagai aplikasi. Semantic web adalah sebuah web dari data, seperti layaknya sebuah database global. Pendekatan semantic web mengembangkan bahasa untuk mngekspresikan informasi dalam bentuk yang dapat diproses oloeh mesin.


Semantic Web adalah sebuah abstrak pada WWW (World Wide Web) yang berbasiskan pada RDF dan OWL. Ide dasarnya adalah untuk membawa Web memiliki definisi dan link data sehingga dapat digunakan lebih efektif untuk melakukan pencarian, otomatisasi, integrasi dan penggunaan ulang informasi pada berbagai aplikasi.


Saat ini Semantic Web masih dalam pengembangan, banyak sekali programmer yang mengembangkan teknologi yang masih baru ini. Karena diharapkan dalam masa depannya Semantic Web ini dapat lebih diefektifkan lagi dalam fasilitas web surfing, bukan dalam artian menggantikan WWW yang telah ada sebelumnya, namun untuk menyempurnakan dari generasi yang sebelumnya.

Referensi : buset.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15813/semantic-web.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar