Senin, 09 Mei 2011

Manusia dan Pandangan Hidup

Berbicara mengenai manusia, maka akan banyak sekali aspek yang dapat dibahas,mungkin berjuta-juta tahun tak akan cukup untuk mengupas semuanya, karena seiring berjalannya waktu maka problematika itu akan terus berkembang dari hal kecil hingga hal-hal yang amat pelik. Untuk memperjelas aspek apa yang akan dibahas, maka kita perlu mempersempit ruang lingkupnya. 

Baiklah, kita akan membahas mengenai hubungan manusia dengan pandangan hidup.  Manusia tak akan pernah lepas dari pandangan akan hidupnya. Hal ini sangat terkait karena pandangan hidup merupakan bagian dari pola pikir manusia itu sendiri untuk melihat dan menilai potret kehidupan. Pandangan hidup itu sendiri adalah cara pandang atau kesanggupan seorang manusia untuk menentukan apa yang akan  terjadi pada jangka yang panjang dalam hidupnya. Perlu diketahui pandangan hidup dapat dilihat dari berbagai sudut, baik dari diri sendiri maupun dari orang lain.

Setiap manusia memiliki pandangan hidup yang berbeda-beda. Ada beberapa manusia memiliki pandangan yang idealis, perfeksionis, materialis. Namun terkadang ada juga manusia yang memandang hidupnya sendiri atau orang lain dengan konsep yang sudah lama (kolot). Manusia sendiri memiliki kebebasan untuk menentukan apa yang diinginkannya. Sebaik-baiknya yang diinginkan manusia itu, sebisa mungkin dapat berguna dan bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang di lingkungan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar