Minggu, 27 Februari 2011

Sekilas tentang Copy-Paste

Saat ini copy-paste dalam dunia maya, perangkat lunak, maupun berbagai karya ataupun tulisan dan banyak lagi hal lainnya, sudah sangat menjamur di kalangan masyarakat Indonesia ini.
Mengapa terjadi budaya seperti ini? banyak faktor yang menyebabkannya.

Diantaranya :
-lantaran tidak adanya hak cipta/paten pada karya/tulisan tersebut
-keinginan seseorang mendapatkan sesuatu dengan cuma-cuma (gratis) tanpa harus membayar sedikitpun
-keinginan seseorang untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan hasil yang maksimal
-kurangnya rasa menghargai atas karya/tulisan orang lain yang terdapat di ruang publik
-banyak lagi alasannya yang tidak dapat saya ungkapkan disini secara satu-persatu

Hmmm.. setelah berbicara tentang apa-apa saja yang menjadi faktor-faktor budaya copy-paste yang sudah marak ini, kita akan melanjutkannya dengan membicarakan langkah-langkah untuk menanggulangi penyakit masyarakat yang cukup meresahkan ini.

Banyak cara yang dapat ditempuh sang pembuat karya/tulisan untuk menghindari pembajakan/copy-paste pada karyanya tersebut. Dahulu kala sempat sebuah file yang bertipe .pdf (Adobe) menjadi senjata utama untuk memerangi copy-paste, namun belakangan ini dan berhubungan dengan majunya teknologi, serta software yang terus berkembang seiring semakin banyak penyaingnya, akhirnya Adobe dapat ditembus.
Banyak yang membuat fasilitas konversi dari tipe .pdf ke .doc (Ms. Word), karena dengan itulah sebuah tulisan/karya dapat di copy-paste ataupun dibajak. Dan baru-baru ini ketika Adobe terus meng-update softwarenya hingga mencapai versi 9 (kurang lebih) Adobe sendiri sudah dapat melakukan copy paste, jadi untuk saat ini Adobe tidaklah memiliki beda yang signifikan dengan aplikasi-aplikasi pengolah kata lainnya.

Namun, jangan khawatir akan hal itu. Saat ini banyak website-website yang menawarkan untuk menjaga keaslian karya kita dari ancaman copy-paste. Diantaranya yang cukup populer untuk saat ini adalah "Scribd", dimana web ini memuat berbagai macam artikel ataupun karya tulis yang telah di-upload oleh pembuatnya ke Scribd tersebut. Scribd mempunyai keunggulan yang lebih, karena dengan Scribd karya kita dapat disaksikan banyak orang tanpa harus takut terkena ancaman copy-paste. Scribd sendiri dapat dikategorikan seperti e-book, dimana orang dapat membacanya secara gratis dan dapat mendownloadnya. Jadi tidak perlu takut akan terkena copy paste ketika kita sudah mencantumkan karya kita ke Scribd.

Dan yang terakhir, dari semua hal itu.. yang terpenting adalah kesadaran masyarakat akan budaya yang cukup menjerumus ke arah yang tidak baik. Ketika masyarakat sudah sadar akan pentingnya hak cipta suatu karya/tulisan maka mereka pun dapat merasakan bagaimana senangnya saat menulis/membuat karya, dan semakin senang ketika melihat karya/tulisan kita di ketahui banyak orang tanpa harus ada yang membajaknya.
:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar