Rabu, 31 Oktober 2012

Perkembangan Grafik dan Pengaruhnya


Pada Era modernisasi seperti saat ini Perkembangan Desain Grafis berkembang sangat pesat di seluruh penjuru dunia, dalam kesempatan kali ini saya ingin membahas Perkembangan Grafik dan Pengaruhnya khususnya untuk sektor-sektor Industri.
Beberapa tahun belakangan Desain Grafik atau Desain Grafis berkembang sangat cepat, banyak sekali karya-karya yang tercipta dari para pelaku Desain baik di dalam negri ataupun di luar negri kita. Kita pun bisa belajar tentang Desain dan Grafis tanpa harus memasuki dunia pendidikan tinggi, dengan bermodalkan kemauan yang keras dan latihan yang kuat maka kita pasti bisa menguasainya. Saat ini banyak sekali tutorial-tutorial dasar maupun lanjut yang dibagikan secara gratis dalam dunia maya, dengan mencari keyword yang kita inginkan di Google maka kita akan langsung mendapatkanya. Dengan banyaknya tutorial yang bisa kita pelajari maka kita sendiri pun bisa berkarya tanpa batas apapun.

Perkembangan desain dan pemodelan grafis dalam sektor Industri
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbo-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan metode merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

Dalam Sektor Industri peran desain grafis sangatlah penting karena setiap proyek yang dibuat akan dirancang sedemikian rupa dalam suatu gambar dengan tujuan untuk mempermudah saat merealisasikannya maupun mempresentasikan proyek yang akan dibuat. Pada zaman dahulu pembuatan grafik-grafik dalam sektor industri masih menggunakan media kertas sebagai platform nya, dimulai dari pembuatan sketsa kasar, membuat layout, teknik pewarnaan, serta finisihing dalam setiap grafik yang dibuatnya. Seiring berjalannya waktu pembuatan grafik berlanjut ke dalam media komputer sebagai platform berikutnya, dalam komputer banyak sekali perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat grafik diantaranya dalam generasi perkembangan grafik yang pertama adalah COREL DRAW dan AUTOCAD, kedua perangkat lunak ini sangatlah berpengaruh dalam dunia pemodelan grafik dalam bidang industri hingga sampai saat ini. COREL DRAW adalah aplikasi pembuatan grafik yang berbasis vektor sehingga setiap membuat grafik yang diinginkan kita dapat membuat dengan sangat terperinci, aplikasi ini sangat digemari di kalangan para pelaku desain karena aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan banyak fungsi-fungsi yang membantu dalam pembuatan grafik. Sedangkan AUTOCAD adalah program pengolahan grafis yang lebih berorientasi dalam pembuatan mesin-mesin dalam bidang industri. Program ini banyak dipakai oleh pelaku-pelaku Industri yang bekerja dalam suatu pabrik.
Pada saat ini perkembangan pembuatan grafik sangat pesat, pelaku –pelaku desain saat ini sudah mengembangkan grafik-grafik yang dibuatnya dengan menggunakan 3D sebagai objek yang lebih kompleks untuk grafik yang dibuatnya. Pembuatan objek-objek 3D dapat dibuat dengan aplikasi berbayar seperti 3D MAX dan juga bisa dibuat dengan aplikasi yang bersifat open source seperti BLENDER.


 (Penggunaan teknologi AR dengan objek 3D yang dibuat oleh Blender)

Perkembangan pemodelan grafik tidak hanya sampai dengan objek 3D saja, namun pada saat ini mulai dikenal teknologi yang bernama AR (Augmented Reality) dimana aplikasi ini berguna untuk menampilkan objek 3D dengan menggunakan suatu symbol atau pattern  khusus yang telah dibuat. Sehingga dalam menampilkan objeknya kita dapat menggerakannya sesuka hati kita dan akan memperhebat tampilan grafik yang kita buat dalam mempresentasikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar